INTERNAL BOILER TREATMENT

power plant2.jpg

Walaupun pengolahan air boiler eksternal telah digunakan seperti kogulasi-flokulasi, filtrasi, dan penukaran ion, sulit untuk mencegah kontaminasi air boiler dengan zat yang menyebabkan korosi dan masalah kerak.

Bahan kimia pengolahan air boiler secara internal digunakan untuk melindungi seluruh sistem boiler termasuk air umpan (Feed Water) dan jalur kondensat uap (Condensate line) dari masalah tersebut.

Tujuan utama dari pengolahan air boiler secara internal ini adalah sebagai berikut:

 

  1. Zat zat penyebab kerak dalam air boiler diubah menjadi lumpur halus tersuspensi sehingga mudah dibuang dari boiler dengan blowdown untuk mencegah pembentukan kerak pada Heating Surface.

  2. Menjaga dan mempertahankan pH air boiler dalam kondisi basa/alkalin untuk mencegah korosi dan pembentukan kerak silika dengan menjaga silika terlarut dalam air.

  3. Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen) dikeluarkan dari air umpan dan air boiler untuk mencegah korosi.

  4. pH kondensat dijaga agar tetap sesuai kisaran tertentu untuk mencegah korosi pada jalur pipa kondensat oleh oksigen dan karbon dioksida.

  5. Pencegahan masalah carryover.

 

Oeh karena itu, kriteria pengendalian kualitas air boiler harus ditentukan guna mencapai tujuan tersebut. Bahan2 kimia penunjang internal treatment menunjukkan efek yang tidak mencukupi jika aplikasi kondisi tidak memadai dan sesuai. Oleh karena itu, perhatian dan perlakuan yang cukup harus diberikan kepada bahan Kimia penunjang internal treatment dan monitoring kualitas air umpan dan air Boiler.

calguard_tm.png